• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Hadapi pilkada 2020 di 19 kota kabupaten, KPU Jatim intens komunikasi dengan Pemprop Jatim

October 4, 2019

 

Sby,MercuryFM - Hadapi pilkada serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur melakukan persiapan menghadapi pilkada serentak di 19 daerah. Yakni dengan berkoordinasi dan review terkait anggaran maupun tahapan.

 

“Dari 19 kabupaten/kota baru 3 daerah yang melaksanakan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yaitu Pacitan, Ponorogo dan Tuban. Sisanya batas akhirnya pada 1 Oktober,” ujar Ketua KPU Jatim Choirul Anam, Jum'at (04/10/19).

 

Menurut Anam, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim. Hasilnya sejak dua minggu lalu, Gubernur mengeluarkan surat untuk 19 kabupaten/kota untuk mempercepat dan mempermudah pelaksanaan NPHD. 

 

“Selain itu juga sudah ada surat dari Kementerian Dalam Negeri untuk Bupati/Wali Kota yang daerahnya menggelar Pilkada untuk mempercepat NPHD. Kami berharap 19 kabupaten/kota ini tepat waktu,” katanya.

 

Saat ditanya apakah ada sanksi bagi yang melanggar, Mantan Ketua KPU Surabaya ini mengaku akan melapor ke KPU RI untuk langkah selanjutnya. Apakah kemudian dilanjutkan tahapan selanjutnya atau diberhentikan sementara, menurutnya tergantung KPU RI. 

 

“Nantinya KPU RI juga akan berkoordinasi dengan Kemendagri terkait hal ini,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut Anam mengatakan sesuai dengan tahapan pilkada dalam PKPU, 1 Oktober menjadi batas akhir penandatanganan NPHD. Menurutnya jika NPHD molor dampaknya tahapan-tahapan lain juga akan molor.

 

“Tapi kami optimis tidak ada yang molor. Kalaupun molornya masih pada bulan Oktober itu tidak terlalu signifikan. Tapi kami berharap agar sesuai tahapan 1 Oktober. Karena proses penganggaran ini sudah dibicarakan antara KPU dengan TAPD di daerah masing-masing,” jelasnya

 

Setelah NPHD, Anam mengaku KPU mulai melakukan sosialisasi terkait pencalonan Bupati/Wali Kota yang melalui perseorangan. Tahapannya mulai November 2019 ini.  (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload