• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

FPAN dorong Gubernur Khofifah evaluasi OPD dilingkungan Pemprov Jatim

October 14, 2019

 

Sby,MercuryFM - Rendahnya serapan anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menunjukkan kinerja OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Jatim belum maksimal. Untuk itu Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Jawa Timur A Basuki Babussalam, mendorong Gubernur segera melakukan konsolidasi internal jelang pembahasan agenda-agenda besar di Pemprov Jatim.

 

Menurut Basuki agar semakin optimal, gubernur perlu segera menata SDM di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah di Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Konsolidasi itu dilakukan dengan melakukan rotasi beberapa jabatan strategis dan penetapan beberapa pimpinan OPD yang statusnya masih Plt. 

 

“Ini momentum sangat baik, bagi gubernur untuk melakukan kondolidasi. Bersamaan dengan HUT Propinsi Jawa Timur, kita juga sedang menyongsong pembahasan R-APBD Jawa Timur 2020,” tutur Basuki, Senin (14/10/19). 

 

Kata Basuki, ada beberapa alasan FPAN memberikan dorongan agar Gubernur melakukan konsolidasi. Pertama, pembahasan Rancangan APBD 2020 adalah momentum bagi pemerintah untuk mewujudkan janji-janji terbaik gubernur bagi masyarakat Jawa Timur. Kedua, sampai bulan Oktober, serapan APBD baru 52 persen. Artinya banyak koordinasi yang tidak optimal ditingkat perangkat daerah. Ketiga, ada beberapa pejabat yang statusnya Pelaksana Tugas (Plt), sehingga tidak bisa maksimal memainkan perannya. 

 

“Agar mesin pemerintah berjalan baik, program-program bisa direalisasi untuk kesejahteraan masyarakat Jawa timur, FPAN mendorong konsolidasi itu,” sarannya. 

 

Ketika ditanya jabatan apa saja yang harus dikonsolidasi, Basuki mengatakan, prinsip semua jabatan harus dievaluasi. 

 

“Dipetakan menyeluruh. Gubernur buat prioritas memilih tokoh terbaik untuk jabatan paling strategis. Sehingga Gubernur punya tim hebat untuk menuntaskan kerja kerja yang beliau emban,” sebut Basuki.

 

Soal waktu, kapan sebaiknya konsolidasi dilakukan, FPAN mendorong agar dilakukan secepatnya. 

 

“Lebih cepat lebih baik. Karena momentumnya sekarang. Berjalannya mesin pemerintahan saat ini kurang maksimal. Jadi perlu digenjot untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Jawa Timur,” ungkap Basuki.

 

Terkait dengan usulan tokoh tokoh yang akan menempati tempat terbaik, Basuki menuturkan gubernur memiliki kewenangan mutlak. 

 

“PAN sebagai pengusung dan pendukung utama gubernur tentu punya beberapa pertimbangan. Insya Allah akan kami sampaikan secara khusus. Tapi secara umum, kewenangan mutlak soal rotasi dan penetapan Plt ada di ibu Gubernur,” pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags